Celana Legging Motif Wanita Terbaru Dan Cara Membedakanny Dengan Celana Jegging

Celana legging - Siapa sih yang nggak tahu celana ketat berbahan kaos ini alias celana legging?  Tapi kamu tau nggak sih gimana asal usul atau sejarah dari celana legging ini sendiri? Jadi gini dulu pada awalnya legging itu dipakai oleh kaum lelaki di Eropa pada saat abad 14-16 untuk menghangatkan diri mereka sekaligus untuk melindungi tubuh mereka yang pada saat itu disebut atau dinamakan sebagai hose. Lalu penduduk asli Amerika juga menganakan celana legging berbahan dasar dari kulit rusa yang kemudian celana legging tersebut diadaptasi dan digunakan oleh pemburu. Selain itu, para koboi juga gemar memakai celana legging kulit rusa untuk menghindari gesekan saat mengendarai kuda dan juga untuk melindungi diri. Nah, mulai di pertengahan abad 19 para wanita mulai mengenakan bentuk awal dari celana legging yang disebut sebagai pantalettes linen yang terdiri dari dua bagian terpisah masing-masing untuk kaki kanan dan kaki kiri. 



Celana Legging Motif Wanita Terbaru Dan Cara Membedakanny Dengan Celana Jegging


Selain itu dunia militer juga tak luput dari serangan celana legging. Pada awalnya celana legging yang digunakan dalam militer sebagai seragam terbuat dari bahan wol tebal yang menyerupai perban besar dan celana legging itu dipasang dengan model melilit di kaki dengan talinya untuk menopang pergelangan kaki tentara. Celana legging pada saat itu digunakan untuk menopang pergelangan kaki tentara dan juga untuk memastikan dan menjaga kaki tetap bersih dari debu, kotoran, pasir, dan lumpur dalam melakukan perjalanan jauh. Kemudian seiring berjalannya waktu celana legging jenis wol tersebut digantikan oleh celana legging berbahan kanvas yang dapat diikat dengan menggunakan tali atau kancing dan panjangnya sampai ke pertengahan betis. 

 Namun celana legging itu sendiri dipopulerkan untuk pertama kalinya oleh seorang aktris cantik dari Belgia yaitu Audrey Hepburn yang memakai celana legging sejak tahun 1956. Puncak kepopuleran celana legging terjadi pada sekitar tahun 1980. Selain Audrey Hepburn, Madonna juga ikut andil dalam kepopuleran celana legging tersebut dengan cara mengenakan celana senam legging pada tahun 1985 dalam film berjudul Desperately Seeking Susan.


Celana legging


Dari tahun ke tahun celana legging semakin berkembang sehingga celana legging tidak selalu melulu harus plain atau berwarna polos namun ternyata ada juga celana legging motif yang merupakan celana legging namun memiliki motif yang beragam dan bervariasi. Motif-motif tersebut adalah motif flora, fauna, maupun motif abstrak. Untuk penggunaan celana legging otif itu sendiri kamu bisa memadukannya dengan atasan yang polos agar tidak ada kesan ramai dalam gayamu.

Selain celana legging wanita ada juga celana jegging, terkadang ada beberapa wanita yang menyebut celana jegging sebagai celana legging padahal keduanya merupakan jenis celana yang berbeda. Nah, dibawah ini adalah perbedaan celana legging dan celana jegging :

1. Bahan
Celana legging yang terjual bebas di pasaran memiliki beraneka macam bahan, ada celana legging yang terbuat dari nilon, katun, spandex, poliyester, wol, dan juga sutra. Sementara itu bahan pembuatan dari celana jegging ternyata adalah bahan campuran antara spandex dan denim.

2. Warna 
Celana legging lebih beragam warnanya daripada celana jegging yang pada umumnya memiliki warna biru, hitam, atau putih yang seperti denim pada umumnya sementara celana legging dapat berwarna kuning, pink atau merah muda, hijau, merah, biru, coklat, hitam, ungu, abu-abu, maroon, dan atau warna lainnya.

3. Corak
Celana legging memang ada yang polos sekali tanpa motif namun ada juga yang memiliki motif warna-warni yang lucu dan ceria. Hal tersebut beda sekali dengan celana jegging yang sangat berusaha meniru dan menyerupai corak dari celana denim tersebut.  

4. Cara Penggunaan
Celana legging dapat digunakan sebagai dalaman rok maupun dalaman celana. Selain itu celana legging juga dapat digunakan pada berbagai acara formal maupun kasual. Di saman sekarang ini banyak yang mengombinasikan celana legging dengan oversized T-shirt, kemeja oversized, dan atau juga terusan untuk mengakali VPL atau Visible Panty Lines atau agar garis celana dalam kamu nggak kelihatan.


Celana Legging Motif Wanita Terbaru


Beda celana legging, beda juga celana jegging. Celana jegging umumnya sangat berkiblat pada celana denim baik corak, warna, bahan, maupun cara penggunaannya. Kamu dapat memakai celana jegging seperti pada saat kamu memakai celana denim dalam kegiatan sehari-hari kamu.

Tren celana legging terbaru tahun ini adalah celana legging yang memiliki motif dengan panjang sebetis ataupun dengan panjang full. Untuk mengetahui celana legging lebih lanjut kamu bisa bertanya-tanya pada teman atau kerabat tentang celana legging agar dapat referensi lain selain dari internet. Dalam membeli celana legging kamu harus memperhatikan ukuran tubuh kamu, jika kamu memiliki ukuran tubuh yang besar sebaiknya kamu bisa pilih celana legging yang berwarna gelap dan memiliki motif yang sedikit dan tidak terlalu berlebihan untuk menghindari perhatian agar bagian tubuh bawah kamu terlihat lebih kurus dan aman dari pandangan mata. Dan untuk kamu yang badannya kurus, kamu dapat memilih warna celana legging yang cerah agar badan kamu terlihat lebih berisi. 



Sumber foto :

http://www.hzcollection.arifsubhan.com/wp-content/uploads/2013/10/legging-78.jpg

https://fitinline.com/data/article/20150914/Legging-000.jpg

https://ecs7.tokopedia.net/img/product-1/2015/8/7/445583/445583_e4bb7928-3cd6-11e5-b783-f60e87772fba.jpg

Scroll to top