Mukena Katun Jepang Asli, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Perbedaan

Infobajubusana.com, mukena katun Jepang asli. Perkembangan dunia fashion yang pesat tidak hanya mempengaruhi dunia fashion busana saja tapi juga mulai merambah ke perlengkapan ibadah seperti halnya mukena. Salah satu model mukena yang sempat populer baru-baru ini adalah mukena katun Jepang.

Mukena Katun Jepang Asli, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Perbedaan

Berkembangnya tren mukena katun Jepang turut memberikan kesegaran di antara model mukena yang biasanya berwarna polos, tanpa motif dan cenderung membosankan.

Mukena katun Jepang terbuat dari bahan 100% katun asli tanpa campuran bahan lainnya yang membuatnya memiliki kualitas tinggi, tahan lama dan terasa lembut. Karena keistimewaannya itu, banyak pedagang mukena yang mengklaim mukena yang mereka jual merupakan mukena katun Jepang, padahal belum tentu asli.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri mukena katun Jepang yang asli seperti berikut ini.

Ciri-ciri Mukena Katun Jepang

Baca: Model Baju Hijab Syar’i Modern

• Memiliki tanda 100% Pure Cotton Japanesse

Mukena katun Jepang hanya diproduksi oleh pabrik kain yang berlisensi dari Jepang mengingat kain ini memiliki kualitas internasional. Ketika membeli kain katun Jepang dalam bentuk meteran di toko kain besar atau mukena katun Jepang di toko atau reseller resmi pastikan di bagian luarnya terdapat tanda “100% Pure Cotton Japanesse” atau “Japan Design”.

• Mukena katun Jepang memiliki tekstur

Karena terbuat dari 100% kain katun asli Jepang, mukena katun Jepang asli terasa sedikit bertekstur ketika disentuh, terasa lembut, sedikit mengkilat dan terlihat cerah.

• Mukena katun Jepang harganya lebih mahal

Karena berkualitas import dan terbuat dari full katun, harga mukena katun Jepang lebih mahal daripada mukena lokal biasa.

Sebagai mukena berkualitas import, mukena katun Jepang tentu memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan mukena lokal biasa yang ada di pasaran. Lalu apa saja kelebihan mukena katun Jepang yang asli?

Kelebihan mukena katun Jepang asli

• Terbuat dari full katun sehingga terasa lebih lembut, halus dan terasa sejuk ketika dikenakan.

• Lebih awet dan kuat sehingga memiliki masa pakai yang lebih lama.

• Mudah menyerap keringat.

• Model mukena katun Jepang terbaru cukup fashionable sehingga cocok dipakai di rumah maupun saat acara istimewa seperti shalat berjamaah.

• Terbuat dari bahan serat alami sehingga tidak menimbulkan alergi.

Setelah mengetahui kelebihan dari mukena katun Jepang, lalu bagaimana caranya membedakan antara mukena katun Jepang yang asli dengan mukena lokal biasa atau mukena katun Jepang berkualitas KW?

Perbedaan mukena katun Jepang dengan mukena lokal

Baca: Busana Muslim Zoya Terbaru

• Bahan Pembuat Mukena

Perbedaan mukena katun Jepang dengan mukena lokal yang pertama adalah perbedaan bahan pembuat kedua mukena tersebut. Mukena katun Jepang yang asli menggunakan bahan katun 100% tanpa dicampur dengan bahan polyester.

Sementara itu, katun lokal terbuat dari campuran bahan katun dan polyester sebanyak 20% hingga 25% bahkan lebih. Hal ini dimaksudkan untuk menekan biaya produksi sehingga harga jual mukena lokal bisa lebih murah dan lebih terjangkau oleh masyarakat.

Perbedaan bahan pembuat mukena ini bisa dirasakan ketika kita mengamati mukena. Mukena yang mengandung campuran polyester biasanya sedikit kaku dan terlihat licin.

• Motif Mukena

Perbedaan kedua terletak di motif kedua mukena. Mukena katun Jepang motif terutama mukena katun Jepang terbaru biasanya memiliki motif yang bagus dan elegan karena dibuat untuk menyasar pasar internasional. Sayangnya, mukena katun Jepang motif jarang memunculkan motif-motif terbaru sehingga cenderung membosankan dan tidak bervariatif.

Sedangkan mukena lokal, biasanya memiliki motif yang beragam dan berganti-ganti sesuai dengan tren mode masyarakat sehingga tidak membosankan, lebih banyak variasi pilihan.

• Kenyamanan

Karena terbuat dari bahan 100% katun, tentu mukena katun Jepang lebih nyaman ketika dikenakan. Mukena katun Jepang terasa lebih lembut, lebih halus dan lebih dingin. Sayangnya, karena terbuat dari bahan full katun, mukena katun Jepang lebih mudah kisut dan lebih rapuh jika dicuci dengan cara disikat.

Selain itu, mukena katun Jepang terasa lebih halus karena biasanya dianyam menggunakan metode saling silang antara benang yang satu dengan yang lain.

Sementara itu, mukena katun lokal yang mengandung bahan polyester terasa lebih kaku dan mudah membuat gerah daripada mukena katun Jepang.

• Ketebalan

Perbedaan selanjutnya yang bisa kita rasakan ketika memilih mukena yakni ketebalan bahan mukena. Mukena katun lokal umumnya terlihat lebih tipis atau kurang rapat sehingga jika terkena cahaya terlihat menerawang.

Sedangkan mukena katun Jepang umumnya terlihat lebih tebal karena memiliki kerapatan bahan yang lebih baik serta terasa lebih berat daripada mukena lokal.

• Perawatan

Semua mukena sebenarnya memiliki cara perawatan yang sama yakni jangan terlalu keras ketika mencucinya, jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung dan disetrika dengan tingkat panas yang sedang, sesuai dengan jenis bahan katun.

Tapi, mukena katun Jepang membutuhkan perlakuan yang lebih khusus agar tidak mudah rusak. Susunan benang menyilang pada mukena katun Jepang membuat penggunanya harus hati-hati ketika mencuci dengan cara disikat.

Mukena katun Jepang tidak boleh disikat keras-keras agar silangan benang tersebut tidak putus dan membuat permukaan mukena jadi tidak berantakan.

• Harga Mukena

Karena memiliki kualitas sekelas barang import serta sepenuhnya terbuat dari katun, mukena katun Jepang umumnya memiliki harga yang lebih mahal bahkan hampir dua kali lipat dari harga mukena katun lokal.

Karena harganya yang mahal inilah, mukena katun Jepang tidak memiliki pangsa pasar yang cukup luas daripada mukena lokal yang harganya jauh lebih murah dan merakyat.

Baca: Cara Memakai Hijab Untuk acara Pesta

Demikian ulasan mengenai mukena katun Jepang asli yang sedang tren di masyarakat. Meski terbilang mahal, tidak menghalangi hasrat masyarakat untuk merasakan khusyuknya beribadah mengenakan mukena berkualitas yang nyaman dan lembut sekelas bahan kain import.



Sumber :
http://blog.belvanian.com/mukena-katun-jepang/
http://washingfactory.com/mengenal-macam-macam-katun-jepang/
https://hijabcornerid.com/beda-mukena-katun-jepang-dengan-katun-biasa/
http://popbatik.com/jual-mukena-katun-jepang-murah-2015/

Sumber foto :
http://tokobajukita.com/wp-content/uploads/2016/06/mukena-katun.jpg
Scroll to top