Model Ikat Pinggang Wanita, [Artikel Rekomendasi Untuk Anda]

Infobajubusana.com, model ikat pinggang wanita. Ikat pinggang merupakan salah satu aksesoris yang memiliki peranan penting bagi pria maupun wanita. Aksesoris busana ini kadang bisa menjadi penyelamat jika celana yang kita pakai kebesaran atau sekedar menjadi pemanis busana agar tampak lebih feminim maupun lebih formal. [Artikel sebelumnya: Model terbaru sepatu pria wanita].

Secara umum, ikat pinggang sebagai aksesoris busana wanita memiliki peran untuk membantu memperjelas lekuk tubuh dan memberikan kesan tubuh yang lebih proporsional. Namun, sebenarnya ada beberapa manfaat memakai sabuk lainnya yang bisa anda dapatkan ketika mengenakan sabuk sebagai aksesoris busana sehari-hari seperti berikut ini.

Manfaat Memakai Ikat Pinggang Bagi Wanita


•    Menetralisir kesan berlebihan pada pakaian bermotif

Model pakaian yang memiliki beragam motif dan warna, terkadang bisa membuat penampilan tampak menjadi ramai. Penggunaan sabuk dengan warna netral bisa menetralisir hal ini sehingga penampilan keseluruhan bisa lebih seimbang.

•    Menonjolkan lekukan tubuh

Memakai sabuk bisa memberikan efek siluet lekukan tubuh yang lebih proporsional bila dipadukan dengan pakaian yang berwarna senada dengan warna ikat pinggang.

•    Menambah kesan elegan dan stylish

Penggunaan sabuk metal atau sabuk yang berkesan glamour bisa menambah percaya diri dan membuat orang memusatkan perhatian ke lekuk pinggang Anda. Pastikan saat memakai sabuk yang glamour, Anda tidak memakai aksesoris berkilau lainnya seperti gelang atau kalung agar tidak terlihat terlalu ramai.

•    Memperkuat kesan formal

Memakai pakaian kerja seperti kemeja dan celana kain akan tampak lebih meyakinkan apabila ditambah dengan sabuk kulit berwarna hitam atau coklat dengan ukuran yang tidak terlalu besar. 

Selain menambah kesan resmi, sabuk juga menambah kesan profesional pada penampilan Anda.

Setelah mengetahui manfaat ikat pinggang, kini saatnya memilih model sabuk yang sesuai dengan gaya busana Anda sehari-hari. Berikut ini beberapa model ikat pinggang wanita yang sedang menjadi tren di kalangan remaja maupun wanita dewasa.

Model Ikat Pinggang Wanita

Model Ikat Pinggang Wanita

•    Ikat Pinggang Kulit

Model ikat pinggang wanita yang pertama yakni ikat pinggang kulit yang terbuat dari kulit asli atau kulit sintetis. Model sabuk kulit merupakan jenis ikat pinggang yang paling umum dipakai baik oleh wanita maupun pria dan memiliki kesan klasik dengan varian warna hitam atau coklat. 

Sabuk kulit cocok dikenakan untuk acara-acara casual, dikombinasikan dengan kaos, celana panjang, denim, blouse atau dress.

•    Ikat Pinggang Kanvas

Selain sabuk kulit, ada juga sabuk yang cukup populer dan stylish yakni ikat pinggang kanvas. Sabuk ini cocok dikombinasikan dengan busana berwarna lembut untuk kesan yang lebih casual.

•    Ikat Pinggang Obi

Model ikat pinggang selanjutnya yakni ikat pinggang obi. Ikat pinggang obi mungkin belum begitu populer karena sabuk ini tergolong model ikat pinggang perempuan yang masih baru. Ikat pinggang obi mengadopsi model ikat pinggang kain yang sering dipakai sebagai pengikat baju kimono Jepang. 

Sabuk obi memiliki ukuran yang lebih lebar daripada sabuk biasa sekitar 6 hingga 10 cm. Tidak seperti pengikat baju Kimono yang menggunakan kain, sabuk obi umumnya terbuat dari bahan kulit asli atau kulit sintetis.

Bagi perempuan yang memiliki perut agak buncit, sabuk obi bisa menyamarkan bentuk perut Anda karena ukurannya yang lebar dan membuat pinggang terlihat lebih ramping.

•    Ikat Pinggang Neon Belt

Bagi wanita yang ingin tampil lebih casual, Anda bisa mengenakan ikat pinggang jenis neon belt. Ikat pinggang neon belt memiliki lebar yang kecil hanya sekitar 2 cm dan cocok dikombinasikan dengan padanan busana casual seperti dress atau jeans. 

Warna sabuk neon belt yang beragam dan menarik layaknya neon membuat sabuk neon belt banya disukai oleh kalangan remaja.

•    Ikat Pinggang Hip Slung

Bila Anda menyukai penampilan yang lebih sederhana atau bergaya retro seperti setelan kaos  dan celana jeans, ikat pinggang hip slung bisa ditambahkan ke dalam padanan busana Anda. 

Sabuk model hip slung memiliki ukuran yang cukup lebar dan memang sengaja dibuat hanya untuk mempercantik penampilan saja. Ikat pinggang hip slung yang terkesan jatuh membingkai pinggul membuat bagian tubuh atas terlihat lebih panjang.

Anda bisa mengkombinasikan sabuk hip slung dengan dress bermotif etnis, mini dress atau skinny jeans untuk memberikan kesan yang lebih feminim.

•    Ikat Pinggang Sparkling Belt

Bila ingin tampil mewah di acara formal, pesta atau resepsi pernikahan, Anda bisa mengenakan ikat pinggang model sparkling belt. Sabuk ini dipenuhi oleh balutan aksen bling-bling, batu-batuan atau sparkle yang membuatnya tampak lux. 

Anda bisa mengkombinasikan sabuk sparkling belt dengan gaun panjang atau gaun pendek berbahan katun, satin atau chifon dengan sepatu high heels.

•    Ikat Pinggang Buckle Belt

Bagi wanita yang lebih menyukai penampilan casual dengan ikat pinggang wanita berbentuk sederhana dan minimalis, Anda bisa memakai sabuk model buckle belt. Sabuk buckle belt umumnya terbuat dari kulit asli atau sintetis dengan kepala sabuk terbuat dari bahan metal.

•    Ikat Pinggang Metal Belt

Selanjutnya, ada ikat pinggang metal belt yang terbuat dari 100% metal atau besi bahkan terkadang dikombinasikan dengan aksen berupa rantai. Karena terbuat dari metal, sabuk ini memancarkan kesan mewah bagi pemakainya dan memberikan efek pinggang yang lebih ramping. 

Sabuk model metal belt tergolong cukup fleksibel dikombinasikan dengan padanan busana apapun seperti rok midi, rok mini atau jeans.

•    Ikat Pinggang Anyaman

Anyaman tidak hanya bisa diaplikasikan pada tikar atau tas etnis saja, tehnik menganyam juga bisa diaplikasikan pada pembuatan ikat pinggang wanita. Sabuk anyaman biasanya memiliki warna beragam serta kepala sabuk terbuat dari bahan metal atau besi sehingga memberikan kesan casual dan bisa dikombinasikan dengan berbagai macam jenis padanan busana.

Salah satu keunikan dari sabuk anyaman yakni sabuk ini tidak memerlukan lubang pengunci karena ditusuk di celah mana saja.

Demikian ulasan model ikat pinggang wanita yang sedang tren di kalangan remaja dan wanita dewasa. Semoga bermanfaat.


Sumber :
http://gayatasi.com/inspirasi-cara-tampil-modis-dengan-ikat-pinggang-wanita/
http://www.vemale.com/fashion/tips-and-tricks/46402-5-jenis-ikat-pinggang-wanita-agar-lebih-ramping.html
http://tatabusanabyratri.blogspot.co.id/2015/11/model-ikat-pinggang-wanita_10.html
https://sites.google.com/site/hasnakonveksi/jenis-ikat-pinggang-wanaaita-saat-ini
http://www.linikini.co.id/news/1467/
Scroll to top