Cara Memilih Baju Bayi Baru Lahir Perempuan dan Laki-laki

Infobajubusana.com, cara memilih baju bayi. Kelahiran seorang bayi tentu menjadi sebuah moment yang akan dinantikan oleh ibu, terutama yang sudah memasuki masa-masa hamil tua. Terlebih jika yang dikandung merupakan anak pertama, tentu menjadi dambaan yang dinantikan kehadirannya, walaupun sang ibu juga merasa cemas saat menjelang persalinan.

Mendekati masa-masa kelahiran sang buah hati, seorang ibu bersama suami dan juga keluarga pasti akan melakukan berbagai persiapan untuk menunjang kelancaran proses persalinan, seperti nutrisi untuk ibu dan si kecil.

Sama halnya tentang Bayi: Perlengkapan bayi baru lahir

Selain itu, persiapan lain yang juga harus dipersiapkan adalah perlengkapan bayi. Salah satunya yang wajib Anda sediakan adalah baju bayi baru lahir. Akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan saat Anda memilih pakaian-pakaian lucu untuk sang buah hati.

Namun, sebaiknya Anda tidak hanya memilih pakaian lucu tetapi tidak fungsional. Jangan sampai Anda tergiur dengan modelnya tetapi ukurannya terlalu kecil atau justru menyakiti kulit si kecil. Lalu, bagaimana cara memilih baju bayi baru lahir yang tepat? Berikut ulasan selangkapnya.

Tips memilih baju bayi baru lahir : laki-laki dan perempuan

Tips memilih baju bayi baru lahir laki-laki dan perempuan

1. Gunakan Bahan yang Nyaman dan Mudah Menyerap Keringat

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih pakaian untuk si kecil yaitu bahan dasar pembuatan dari baju bayi baru lahir tersebut. Kondisi kulit bayi yang masih sangat sensitif memang harus mendapatkan ekstra perhatian dari Anda sebagai orangtua ataupun pengasuh.

Bahan pakaian yang mudah menyerap keringat akan sangat baik untuk kondisi kulit bayi, terutama saat lembap. Sehingga kulit bayi senantiasa dalam keadaan kering dan resiko terjadinya iritasi dapat berkurang.

2. Hindari Model Baju Bayi Baru Lahir yang Pas

Nah, tips berikutnya yang juga tak kalah penting adalah dalam hal ukuran. Bayi yang baru lahir akan mengalami pertumbuhan yang cukup cepat. Sehingga Anda harus menghindari pemilihan baju bayi baru lahir perempuan maupun baju bayi baru lahir laki-laki dengan ukuran yang pas.

Hal ini tentu saja akan membuat pakaian-pakaian tersebut hanya dapat digunakan dalam waktu yang singkat. Baik laki-laki maupun perempuan, sebaiknya diberikan pakaian yang berukuran lebih besar dari normal.

Selain itu, ukuran baju yang terlalu pas juga dapat menimbulkan dampak kurang baik bagi kesehatan kulit sang buah hati, misalnya terjadi iritasi karena tingkat kelembapan yang terlalu tinggi.

3. Baju yang Mudah Dilepas dan Dibuka

Bayi tentu memiliki frekuensi buang air kecil ataupun buang air besar yang sangatlah sering. Tentunya Anda akan lebih sering membuka serta mengganti pakaian yang ia kenakan.

Berdasarkan kondisi tersebut, sebaiknya Anda lebih selektif saat memilih model baju bayi baru lahir, seperti yang mudah dibuka serta dilepas sehingga Anda tidak akan merasa repot ketika harus menggantinya dalam jumlah yang sering.

Selain itu, gerakan bayi juga masih sangat terbatas, sehingga penggunaan pakaian yang banyak kancing akan merepotkan saat melepas atau membukanya.

Salah satu rekomendasi pemilihan baju bayi baru lahir yang bisa digunakan misalnya dengan model kancing depan yang berjumlah tidak terlalu banyak. Untuk celana bisa dalam bentuk celana pendek atau hanya popok saja. Hindari penggunaan baju tanpa kancing atau kancing belakang.

4. Gunakan baju yang bersifat menghangatkan

Pilih baju bayi baru lahir yang mampu menghangatkan badan si kecil. Sebab, di masa tersebut, buah hati Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur.

Dengan pakaian yang bersifat menghangatkan, maka bayi dapat tidur dengan lebih nyaman. Anda bisa membeli baju bayi yang dibuat dari kain wool ataupun katun karena sifatnya yang nyaman, mampu menghangatkan tubuh bayi, sekaligus menyerap keringat.

Biasanya pakaian bayi yang terbuat dari wool lebih cocok digunakan sebagai baju tidur atau dikenakan saat malam hari. Sedangkan pada siang hari lebih dianjurkan menggunakan baju yang terbuat dari katun.

5. Pilih model baju bayi baru lahir dengan leher sederhana

Mengingat kondisi kulit bayi masih sangat sensitif, sebaiknya Anda juga lebih selektif saat mmilih pakaian untuknya. Hal ini juga berlaku untuk model leher yang sederhana.

Hindari pemilihan baju bayi baru lahir dengan kerah karena dapat membuat si kecil mengalami kesulitan untuk bergerak. Hal ini tentunya juga dapat membuat bayi mudah rewel karena merasa tidak nyaman.

6. Hindari baju Bayi dengan elastik di bagian-bagian tertentu

Selain pemilihan baju bayi dengan model kerah sederhana, sebaiknya Anda juga menghindari model pakaian yang terdapat elastik pada bagian lengan, pinggang, dan bagian-bagian lainnya.

Kondisi pakaian yang terlalu ketat tersebut tentunya dapat membuat kulit bayi mengalami iritasi, mengingat kulit mereka masih sangat halus dan juga sensitif pada masa-masa usia tersebut.

Gambar baju bayi baru lahir terbaru dan terlengkap

Gambar baju bayi baru lahir terbaru

Cara mengukur pakaian bayi baru lahir

Panduan ukuran baju bayi memang bisa dilihat melalui chart Baby Clothing Size. Namun, hal tersebut akan percuma apabila Anda tidak mengetahui ukuran tubuh bayi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara mengukur pakaian bayi, sebagai berikut.

pakaian bayi baru lahir

1.    Ukur bagian pinggang bayi
2.    Ukur dada bayi melalui lengan bawah kanan hingga lengan bawah kiri
3.    Ukur torso bayi, yaitu melalui leher tepatnya bagian tertinggi dari bahunya menuju dada bayi bagian bewah dengan melewati selangkangan
4.    Ukur inseam bayi, yaitu panjang kaki bayi. Caranya, ukurlah mulai dari telapak kaki hingga pangkal selangkangan. Hal ini dapat memudahkan Anda saat menentukan ukuran celana untuk si kecil
5.    Ukur panjang baju bayi mulai dari bahu di bagian teratas hingga ke pinggang atau sebaliknya
6.    Ukur lebar panggul bayi

baju bayi

Atau yang ini: Model Baju Balita cocok untuk laki-laki dan perempuan

Nah, itulah beberapa cara memilih baju bayi baru lahir juga tips menentukan ukurannya yang paling tepat. Semoga pembahasan yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca.


Sumber:
http://bidanku.com/tips-memilih-baju-bayi-yang-baru-lahir
http://hamil.co.id/anak/parenting/tips-memilih-baju-bayi-baru-lahir
http://www.tipsanakbayi.com/2014/06/panduan-dan-tips-memilih-ukuran-pakaian-bayi.html
Scroll to top