Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Gaun Pengantin

Gaun pengantin. Upacara pernikahan merupakan sebuah upacara sakral yang menyatukan dua insan untuk berkomitmen saling mencintai, menjaga, menyayangi satu sama lain baik dalam keadaan senang maupun sulit.

Bagi wanita, upacara pernikahan bagaikan mimpi menjadi ratu sejagat dalam semalam menjadi nyata, maka tidak heran jika banyak calon pengantin wanita yang menginginkan upacara pernikahannya tidak terlupakan.

Elemen penting dalam upacara pernikahan adalah model gaun pengantin. Saat ini, sudah banyak situs online yang menyediakan inspirasi gambar gaun pengantin, baik gaun pengantin modern maupun gaun pengantin tradisional.
gaun pengantin

Banyak dari calon pengantin wanita yang menganggap bahwa memilih model gaun pengantin adalah momen terpenting karena gambar gaun pengantin tersebut akan terpampang di foto pernikahan selamanya. Untuk itu, tidak heran jika wanita ingin terlihat sempurna dalam balutan gaun pilihannya.

Baca juga : Model Baju Ibu Hamil Modis dan Nyaman Untuk Anda

Ini hal dalam memilih gaun pengantin

Tidak ingin salah dalam memilih model gaun pengantin? Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi calon pengantin sebelum memilih gaun pengantin yang dikutip dari berbagai sumber.

Perhitungan Budget Gaun

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tema pernikahan dan bujet. Diskusi dengan pasangan Anda, tema pernikahan apa yang akan dilakukan nanti. Jika modern, maka carilah model gaun pengantin modern. Setelah menentukan tema, maka tentukanlah bujet yang Anda mampu. Daripada menghabiskan setengah bujet pernikahan hanya untuk model gaun pengantin, dari desainer ternama, lebih baik pikirkan kembali keputusan Anda. Cari opsi lain, dengan browsing gambar gaun pengantin dengan desain sejenis namun harga yang lebih sesuai bujet.
budget gaun pengantin


Semakin banyak gambar gaun pengantin yang Anda lihat, mungkin akan membuat Anda menjadi binngung. Oleh karena itu tentukanlah keinginan Anda sesuai selera Anda secara jelas. Model gaun pegantin yang dipilih adalah cerminan dari kepribadian Anda. Jika Anda suka sesuatu yang sederhana jangan menambahkannya dengan perhiasan yang berlebihan hanya diminta oleh sahabat atau ibu Anda karena mereka merasa penampilan Anda terlalu sederhana. Ini adalah pernikahan Anda, maka Anda harus tampil senyaman mungkin. Jika Anda nyaman, dan merasa cantik, maka aura itu akan terpancar pada saat upacara pernikahan nanti.

Perhatikan warna kulit dan bentuk badan saat memilih gaun

Setelah menemukan model gaun pengantin yang diinginkan,  maka tentukanlah bahan apa yang Anda inginkan. Jika kulit Anda termasuk yang sensitif, hati-hati terhadap beberapa jenis bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi seperti kemerahan pada kulit. Selain itu Anda juga harus menyesuaikan dengan tema pernikahan. Jika Anda inginkan pernikahan dengan tema outdoor, lebih baik gunakan bahan gaun pengantin yang ringan seperti satin dan sifon daripada kebaya dengan brokat, karena akan membuat Anda berkeringat, dan tidak merasa nyaman ketika menggunakannya.

Langkah selanjutnya adalah pemilihan warna. Bagi Anda yang menyukai pernikahan klasik model gaun pengantin berwarna putih dapat menjadi pilihan Anda. Namun jika anda termasuk pribadi yang suka bereksperimen, gaun pengantin modern dengan berbagai warna menarik dapat menjadi pilhan Anda.

Apapun warna yang dipilih, pastikan sesuai dengan warna kulit Anda. Jika anda berkulit cerah, akan mudah bagi Anda untuk bermain dengan warna, namun bagi anda yang memiliki kulit sawo matang atau coklat, perhatikan kembali warna yang Anda pilih. Warna tosca atau ivory bisa jadi pilhan untuk Anda karena akan membuat tone wanna hangat anda lebih menonjol.

Setelah model, bahan dan warna sudah ditentukan, hal terakhir yang terpenting adalah ukuran yang tepat. Ukuran dan model gaun pengantin yang tepat bagi bentuk tubuh sangat mempengaruhi penampilan Anda di hari pernikahan. Tidak sedikit calon pengantin wanita yang tiba-tiba mengalami penurunan berat badan menjelang hari pernikahan, bisa jadi karena kelelahan dalam persiapan pernikahan atau memang sengaja. Oleh karena itu, sebelum hari pernikahan menjelang, pastikan Anda melakukan fitting beberapa kali untuk memastikan ukuran gaun pengantin Anda tidak bermasalah.

Seperti mencari jodoh yang cocok, proses Anda dalam memilih model gaun pengantin pun mungkin akan menjadi sama. Pilihlah model gaun pengantin modern atau traditional yang memang Anda sudah yakin dari awal, agar tidak menyesal ketika melihat gambar gaun pengantin tersebut di  foto pernikahan Anda.

Scroll to top