Tips Mempertahankan Warna Celana Jeans Kesayangan Kamu


celana jeans
Celana jeans sudah seperti barang wajib bagi kamu penyuka gaya casual, celana jeans juga selalu menjadi trend di setiap waktu, sehingga wajar rasanya jika celana jeans pasti ada di setiap lemari semua orang baik muda maupun tua. Celana jeans dengan material yang bagus data bertahan selama bertahun-tahun, dan dengan memperhatikan cara merawat warna celana jeans yang benar, celana jeans favorit kamu bisa tetap terjaga warnanya dan terjaga pula bentuknya. Mau tahu bagaimana cara mencuci jeans agar tidak pudar? Berikut beberapa tipsnya.

Cara Mencuci Jeans Agar Tidak Pudar

Cara mencuci jeans agar tidak pudar yang pertama adalah dengan tidak menyikatnya dan cucilah dengan gerakan yang lembut, tidak kasar sampai dipukul-pukul ke lantai atau papan penggilasan, hal ini dapat membuat bentuk jeans jadi kusut. Namun, jika noda cukup membandel gunakan sikat cuci yang bulunya sangat lembut, hal ini untuk menghindari pemudaran warna celana jeans serta mencegahnya agar tidak buluk (berbulu). Lalu pisahkan jeans kesayangan kamu dengan dengan pakaian lainnya ketika mencuci.


Jika kamu memiliki beberapa celana jeans yang berbeda warna, untuk menghindari warna jeans tersebut melunturi satu sama lain atau pakaian yang lain, kamu juga perlu memisahkan jeans yang warnanya gelap dengan yang berwarna terang. Lalu cara merawat warna celana jeans yang harus diperhatikan ketika mencuci adalah, membalikan bagian dalam jeans, cara ini mencegah warna celana jeans terkena cairan deterjen secara langsung dan dapat membantu agar jeans kamu tidak cepat pudar. Gunakan deterjen yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan warna lalu cuci seperti biasa dengan menggunakan air suhu normal. 

merawat celana jeans
Kanu juga boleh menggunaan air hangat untuk mencuci celana jeans kamu, dengan catatatan, apabila celana jeans kaum santa kotor dan terdapat noda membandel. Hindari penggunaan mesin pengering karena dapat merubah bentuk jeans dan membuat jeans menyusut. Untuk proses pengeringan, cara merawat warna celana jeans yang benar adalah dengan menjemur secara digantung atau dijepit dan hindari sinar matahari langsung. Lebih baik cari spot di rumah di mana banyak akses angin, tidak lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Jika celana jeans kamu memiliki motif, kamu dapat mencucinya dengan air hangat, lalu rendam didalam air cuka, hal tersebut merupakan cara mencuci jeans agar tidak pudar. Untuk menghilangkan bau cuka ketika selesai direndam, kamu dapat membilas celana jeans tersebut dengan menggunakan cairan pengharum dan pelembut cucian yang banyak dijual di pasaran. 

Cara merawat warna celana jeans yang bisa ditiru adalah mencucinya dengan air garam. Caranya cukup mudah, kamu dapat mencampurkan 2 sendok makan garam ke dalam 5 liter air dingin, lalu masukkan celana jeans favorit kami ke dalam larutan garam tersebut sampai terendam semuanya, lalu biarkan terendam selama 1 jam, balik celana jeans sehingga bagian luar menjadi didalam, terakhir cuci celana jeans dengan tangan atau mesin cuci mode lambat menggunakan sabun cuci biasa dan keringkan di ruangan yang tidak terkena matahari secara langsung.

Punya jaket kulit kesayangan? Lihat tips perawatan nya di Cara Mudah Merawat Jaket Kulit

Setelah proses pencucian dan pengeringan, cara merawat warna celana jeans yang perlu diperhatikan adalah ketika waktu menyetrika. Di paragraf pertama dijelaskan untuk sebisa mungkin kamu jangan mencuci celana jeans menggunakan sikat dan terlalu kasar, karena percaya atau tidak celana jeans yang telah dicuci lebih blik apabila tidak disetrika. Mengapa? karena suhu panas setrika dapat merubah bentuk jeans dan membuat warnanya pudar. 

Namun, apabila celana jeans kamu sudah terlalu kusut maka kamu harus menyetrikanya dengan suhu yang paling rendah, hal ini untuk mencegah kerusakan pada celana jeans favorit kamu. Langkah terakhir dalam cara merawat celana jeans adalah dengan tidak terlalu sering mencucinya. Celana jeans yang terlalu sering dicici pasti akan memudar, cucilah celana jeans ketika memang sudah kotor. sekian tips cara mencuci jeans agar tidak pudar, tidak sulit bukan? Semoga tips ini bermanfaat dan kamu bisa terus menggunakan selarna jeans favorit kamu.
Scroll to top