Cara Mudah Merawat Jaket Kulit


jaket kulit
“Yay! Akhirnya punya jaket kulit, karena harganya mahal di pakai pas ada acara khusus aja ah”, pendapat seorang penggemar kulit di Jakarta. Eeh.. Ngapain punya jaket mahal-mahal tapi tidak digunakan? Justru jaket kulit asli jika terlalu lama disimpan akan cepat rusak lho. Nah mau tau cara merawat jaket kulit yang mudah dan tidak perlu keluar biaya mahal? Berikut beberapa tipsnya.

Rawat Jaket Kulit Kesayanganmu dengan Cara Simple ala Infobusana

Jaket kulit memiliki bahan yang spesial dan rentan rusak jika tidak dirawat dengan benar. Jika jaket kulit Anda terkena noda segera bersihkan, jangan tunggu sampai mengering, karena noda pada kulit cepat mengering dan akan semakin susah untuk dibersihkan. Namun, kamu juga harus hati-hati jangan langsung mencuci jaket kulit tersebut dengan menggunakan deterjen dalam mesin cuci. Mengapa demikian? arena bahan kulit bisa menjadi berkerut atau menciut. 

Saat proses pencucian akan terjadi pembilasan dengan mesin cuci, mesin bisa mimeras jaket dengan sangat kencang sehingga membuat kerutan di jaket kamu, terlebih jika kamu menggunakan sembarang deterjen. Deterjen yang mempunyai sifat panas akan semakin memperparah kerusakan pada kulit, jaket kulit kamu selain mengkerut juga besar kemungkinannya akan mengelupas. 

perawatan jaket kulit
Cara merawat jaket kulit yang terkena noda yang benar sebenarnya sangat mudah, kamu cukup mengelap noda tersebut dengan kain bersih (halus) yang basah, kemudian digantung pada tempat yang cukup panas atau tidak terkena matahari secara langsung (indoor). Tunggu sampan kering, jika ketika kering noda masih menempel coba gunakan kan bersih basah diberi busa sebun mandi sedikit, gosok-gosok lala keringkan, cara ini akan menghapus noda membandel pada jaket kulit kamu. 

Jika kamu mempunyai cairan pelembut bahan kain (biasanya dijual juga oleh penjual jaket kulit) kamu bisa mengoleskan cairan pelembut tersebut pada bagian yang baru selesai dibersihkan. Hal ini untuk mencegah jaket kulit kamu menjadi kering dan terkelupas.

Jaket kulit tua dan berumur butuh perhatian khusus

Jaket kulit yang berumur lama biasanya akan berkerut di beberapa bagian, terutama di bagian lengan, hal ini wajar karena pada bagana ini, bahan jaket lebih sering beraktivitas seperti saat minum, makan atau bahkan mengendarai sepeda motor. Jika hal ini terjadi pada jaket yang anda gunakan, cara merawat jaket kulit yang benar adalah menghaluskan bagian kulit yang kaku dyngan menggunakan lotion secara hati hati dan berulang sehingga kondisinya membaik. Pemberian lotion ini juga dianjurkan untuk dilakukan secara rutin demi menjaga kelenturan dan kelembutan jaket kulit kesayangan kamu. Usapkan lotion/pelembab secara rutin bisa 3 atau 4 minggu sekali pada jaket kulit kamu. 

Kamu seorang workaholic? Baca tips yang satu ini : Inspirasi Baju Kerja untuk Eksekutif Muda

Caranya mudah cukup dengan mengoleskan pada seluruh permukaan kulit jaket lalu biarkan selama satu jam kemudian bersihkan dengan lap atau spon yang lembut supaya tidak merusak teksture kulit jaket. Hal yang penting adalah, usahakan menggunakan lotion khusus untuk kulit atau dengan lotion yang tidak mengandung perfume, karena cairan pewangi juga data membuat kulit menjadi cepat rusak.

Hindari penggunaan parfume pada jaket

Berbicara mengenai perfume, hal ini memang perlu diperhatikan juga bagi kamu yang ingin jaket kulit kamu tetap awet. Usahakan jangan sampai perfume kaum terkena jaket, pakailah perfume sebelum kamu memakai jaket, agar jaket kulit kamu terhindar dari noda. Cara merawat jaket kulit yang perlu diperhatikan lainnya adalah cara kaum menyimpan dan ruang penyimpanan jaket. Cara menyimpan jaket yang benar adalah digantung bukan dilipat. Menyimpan jaket kulit dengan cara dilipat bisa menimbulkan lipatan yang surah dilenturkan di jaket kulit kamu. Untuk tempat penyimpanannya, pastikan kamu memilih tempat yang sejuk dan kering. Ini bertujuan agar jaket kulit kamu tidak kering karena panas dan tidak berjamur karena lembab.

Tidak jarang jaket kulit yang kamu miliki akan berwarna kusam jika sudah berumur terlalu lama, pada sebagian pengurangan sarna kulit atau mengusamnya arna kulet pada jaket bisa jadi model (wax leather), tapi sebagian orang tente menginginkan marna jaket kulit yang dia miliki terus sama seperti saat pertama kali beli. Cara merawat jaket kulit yang mengalami pengusaman warna adalah dengan menggunakan cat khusus untuk kulit. Kamu bisa mendapatkan cat ini di toko-toko kulit. Sekian tips cara merawat jaket kulit yang simple, semoga bermanfaat!

Scroll to top