Jeans Kotor Bukan Masalah, Berikut Cara Mencuci Jeans yang Benar

celana jeans
Setiap orang pasti memiliki satu jenis pakaian favorit masing-masing, apalagi jika pakaian tersebut berbahan denim atau jeans. Yup bahan ini miming terminal akan ketahanannya yang lama, selain itu bahan denim atau jeans juga selalu menjadi trend setiap saat, jadi tidaklah heran jika banyak orang yang menyukai bahan jeans. Bahan jeans tidak saja dijadikan jaket atau pakaian atasan, bahan jeans juga banyak dijadikan bahan bawahan, yaitu celana jeans. Warna-warnanya pun beragam ada yang berwarna terang maupun gelap. Tapi, bagaimana ya jika celana jeans kesayangan kamu terkena noda atau kotor? Mau cuci pun rasanya takut karena kamu kurang tahu bagaimana cara mencuci celana jeans yang benar. Eits, tidak perlu khawatir, di artikel ini kami akan memberskan langkah-langkah cara mencuci celana jeans. Langsung saja ya…

Cara Mencuci Celana Jeans Tanpa Merusak Warna Celana Kesayanganmu

Langkah pertama dalam cara mencuci celana jeans yang benar adalah, membaca instruksi cara mencuci celana jeans pada label celana kamu. Beberapa brand/merek jeans ada yang menjelaskan bagaimana cara mencuci koleksi mereka di hang tag ataupun label celana tersebut. Mohon perhatikan berapa suhu air yang digunakan untuk mencuci, cara mencucinya (light wash tau heavy wash) serta petunjuk penyetrikaannya. Setelah mengetahui instruksinya, kamu harus periksa kembali celana jeans kamu sebelum dicici. Pastikan tidak ada benda apapun yang tertinggal di dalam kantong jeans kamu. Seperti uang kertas, koin, pulpen ataupun kartu, hal ini agar mencegah celanan jeans kamu terkena serpihan kertas atau tersobek benda tajam saat dicuci.

Baca juga :Tips Mempertahankan Warna Celana Jeans Kesayangan Kamu

Langkah kedua dalam cara mencuci celana jeans yang benar adalah membalikkan bagian dalam celana jeans. Hal ini untuk mencegah warna bagian celana jeans kamu memudar. Jika celana jeans kami teyrkena noda membandel seperti noda pulpen, cara mencuci celana jeans tersebut adalah dengan langsung membersihkannya mengunakan alkohol, jangan tunggu noda hingga mengering karena noda akan semakin sulit dibersihkan. Lain halnya jika celana jeans kamu terkena noda permen karet. Kamu bisa menaruh es pada area yang terkena noda hingga noda permen karet membeku, setelah itu kamu bisa mencucinya. Untuk merawat warna celana jeans kaum agar terus cling seperti baru, kamu bisa merendam terlebih dahulu celana jeans kamu dengan air cuka. Cukup 5 menit saja, setelah itu kamu bisa melanjutkan dengan mencuci seperti biasa.

Langkah ketiga dalam cara mencuci celana jeans yang benar adalah dengan mengancingkann seluruh kancing dan reseting yang ada di celana tersebut. Lalu pisahkan celana jeans dengan pakaian lainnya. Cara mencuci celana jeans jangan disikat, tapi gosok saja secara perlahan hingga noda menghilang. Setelah selesai mencuci hindari penggunanan mesin pengering, karena akan membuat celana jeans kamu mudah menyusut bahkan merusak bentuk celana jeans kamu. Keringkanlah celana jeans kamu dengan cara alami. Jemur celana jeans kaum di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung, karena sinar matahari dapat memudarkan warna celana jeans kesayanganmu. Saat menjemur celana jeans kamu, baliklah celana jeans tersebut lalu jemur secara digantung lalu biarkan hingga mengering.

Baca juga : Tingkatkan Gayamu! 3 Model Celana Jeans Pria Keren Terbaru

Setelah mengetahui langkah-langkah cara mencuci celana jeans yang benar, langkah selanjutnya adalah untuk penyetrikaan dan penyimpanan celana jeans. Saat ingin menyetrika celana jeans kesayangan kamu, pastikan celana jeans kamu sudah benar-benar kering. Celana jeans yang disetrika dalam keadaan masih basah atau lembab dapat menimbulkan jamur berwarna biru yang bisa membuat jeans mudah rusak. Tentu kamu tidak mengingkan hal itu terjadi bukan?
Lalu pastikan kembali bahwa celana jeans kamu masih dalam keadaan dibalik (bagian dalam celana jeans ada di bagian luar), lalu setrikalah dari bagana dalam yang berada di luar, hal ini untuk mencegah warna celana jeans kamu jadi cepat pudar. Ketika menyimpan celana jeans di dalam lemari, sebaiknya jeans tidak dilipat. Simpan dengan cara digantung menggunakan hanger agar terjaga bentuk aslinya dan tidak ada bekas lipatan. Hal terpenting dalam cara mencuci celana jeans adalah dengan tidak terlalu sering mencuci celana tersebut. Celana jeans terlalu sering justru akan lebih cepat berubah bentuk dan warnanya memudar.
Scroll to top